Back

Enam alasan untuk mengganti mikrofon wireless Anda dari analog ke digital

Sennheiser01_IndonesianTranslation_240802_01.jpg

Suara yang terdengar tentu saja adalah analog, tapi bukan berarti Anda dan audiens Anda harus menolak banyak manfaat dari mikrofon nirkabel digital. Dalam kondisi tertentu, mungkin penting untuk akhirnya beralih dari analog ke digital. Berikut adalah enam alasan utama untuk melakukan perubahan tersebut.

(1) Audio akan terdengar lebih baik dan jernih.
Seperti yang mungkin Anda pernah dengar, sistem digital tidak memerlukan compander (gabungan kompresor/expander). Pada mikrofon analog wireless, compander akan memadatkan sinyal audio, mengangkatnya ke atas tingkat noise transmisi RF, dan memperluasnya lagi pada receiver untuk menciptakan kembali sinyal audio yang asli. Sayangnya, pengurangan noise ini bukanlah proses noiseless, dan Anda mungkin mendengar compander Anda seperti memompa, bernapas, atau mendesis. Sistem digital tanpa compander tidak hanya akan meningkatkan kualitas audio secara signifikan untuk para audiens, namun juga akan membantu Anda mendengarkan suara Anda sendiri saat tampil dengan lebih jelas melalui sistem monitor.

(2) Dengan fitur seperti keragaman intelligent switching, digital wireless dapat memberikan keajaiban bagi Anda.
Sebuah fenomena yang disebut “fading” adalah musuh alami dari setiap transmisi mikrofon wireless. Artinya, sinyal mikrofon bisa menjadi kuat di satu titik tertentu, namun menjadi sangat lemah di titik lain, sehingga sinyal yang dipantulkan menghentikan sinyal direct antara mikrofon wireless dan receiver-nya. Ketika Anda benar-benar melampaui batas Anda, sistem mikrofon digital yang bagus seperti Evolution Wireless Digital dari Sennheiser dapat memberikan keajaiban untuk membantu Anda tetap “on air”: keragaman intelligent switching yang beragam, equalizer channel RF, koreksi kesalahan, dan bahkan error concealment akan menjaga sinyal Anda tetap utuh sehingga rasa percaya diri Anda tetap tinggi.

(3) Pengelola frekuensi di festival akan menyambut perlengkapan digital Anda dengan tangan terbuka.
Spektrum wireless merupakan sumber daya yang dimiliki bersama dan semakin menyusut serta populasinya sangat padat – tidak hanya oleh mikrofon namun juga oleh banyak alat produksi lainnya. Di suatu festival atau venue, pengelola frekuensi bertanggung jawab menangani semua urusan frekuensi. Ketika Anda hadir menggunakan sistem mikrofon analog, beban kerja pengelola frekuensi akan bertambah, karena perlu menghitung “intermodulation products”. Pada dasarnya, hal ini adalah emisi tidak berguna yang terjadi ketika beberapa mikrofon wireless digunakan di atas panggung. Tahukah Anda bahwa 32 channel wireless analog dapat menghasilkan 16.000 produk intermodulasi atau sumber noise? Misalnya, ketika frekuensi yang tersedia pada acara yang besar benar-benar langka, pengelola frekuensi mungkin tidak dapat menyesuaikan peralatan analog Anda, dan pertunjukan panggung Anda yang enerjik mungkin akan terhambat oleh mikrofon kabel.

Namun, mikrofon wireless digital yang bagus seperti Evolution Wireless Digital dari Sennheiser membuat pekerjaan pengelola frekuensi lebih mudah. Ini hanya akan memancarkan frekuensi pembawanya saja dan tidak ada produk intermodulasi yang mengganggu dan menempati spektrum tambahan. Frekuensi transmisi cukup ditempatkan bersebelahan secara berkala, sedangkan dengan wireless analog, pengelola frekuensi harus menangani semua frekuensi intermodulasi yang dihasilkan dari mikrofon. Oleh karena itu, wireless digital membebaskan spektrum untuk link audio tambahan atau peralatan produksi wireless lainnya – dan ruang inilah yang paling dibutuhkan oleh para pengelola frekuensi.

(4) Mengatur sistem digital semudah menggunakan aplikasi.
Jika Anda juga berperan sebagai teknisi suara untuk band Anda, Anda pasti tahu betapa sulitnya mengatur audio. Dengan sistem digital seperti Evolution Wireless Digital dari Sennheiser, sebuah aplikasi akan membimbing Anda melalui beberapa langkah mudah dan Anda siap untuk tampil dalam sekejap – pada frekuensi profesional TV-UHF. Namun berhati-hatilah: Kekaguman anggota band Anda terhadap kemampuan Anda yang tampak ajaib mungkin akan sedikit berkurang jika Anda menunjukkan betapa mudahnya hal ini…

(5) Anda bisa dengan mudah memilih channel yang tidak terpakai tanpa khawatir mengganggu penampil lainnya. ​
Mungkin beberapa orang bertanya, "Tapi jika suatu frekuensi itu bebas, mengapa saya harus khawatir mengganggu peralatan band lain?". Alasan yang mengkhawatirkan ini disebut produk intermodulasi. Secara sederhana: Jika terdapat lebih dari satu mikrofon wireless analog di atas panggung, mikrofon wireless tersebut akan memancarkan beberapa frekuensi RF – bukan hanya frekuensi yang Anda pilih untuk mentransmisikan audio Anda. Hal yang sama terjadi jika sebuah mikrofon wireless terlalu dekat dengan receiver – seperti paket in-ear monitoring, misalnya.

Frekuensi tambahan yang pada dasarnya tidak berguna ini disebut produk intermodulasi. Mereka dapat mengganggu mikrofon wireless lainnya, atau dalam hal ini perangkat in-ear, dan memakan ruang spektrum. Dengan mikrofon analog, dan sayangnya juga banyak mikrofon digital, Anda akan selalu menghadapi masalah produk intermodulasi.

Namun, beberapa sistem digital yang canggih seperti Evolution Wireless Digital dari Sennheiser tidak menghasilkan produk intermodulasi. Ini membuat semuanya menjadi sangat sederhana untuk penampilan band Anda berikutnya: Anda atau teknisi venue dapat dengan mudah memilih channel yang bebas dan Anda tidak perlu khawatir tentang apapun. Tidak ada produk intermodulasi, tidak ada gangguan, dan Anda juga telah menghemat ruang spektrum yang berharga.

(6) Terlalu pelan, terlalu keras, terpotong? Tidak dengan Evolution Wireless Digital dari Sennheiser.
Gain mungkin menjadi salah satu masalah yang paling diremehkan saat mengatur mikrofon wireless. Saat mengatur gain, Anda menentukan seberapa sensitif mikrofon Anda. Jika Anda berteriak ke dalam mikrofon dan gain-nya terlalu tinggi, suara Anda akan terdengar buruk dan audio akan mengalami clipping. Jika suara Anda pelan dan gain terlalu rendah, tidak ada yang akan mendengar Anda di tengah suara backline yang kuat... Kabar baiknya adalah Evolution Wireless Digital dari Sennheiser ini memiliki rentang dinamis input penuh sebesar 134 dB, bahkan melebihi rentang dinamis sebagian besar kapsul mikrofon, sehingga Anda dapat menangkap segala sesuatu mulai dari bisikan lembut hingga suara mesin pesawat tanpa harus menyesuaikan gain transmitternya.

Berpindah ke mikrofon wireless digital yang bagus dapat membantu meningkatkan performa Anda dalam banyak cara. Pilihlah sistem mikrofon yang bekerja pada frekuensi UHF yang andal jika Anda ingin membawa musik Anda ke atas panggung. Jika Anda tertarik, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Evolution Wireless Digital di sini dan aplikasi Smart Assist di sini.

Untuk mendapatkan versi interaktif dari siaran pers ini, silakan kunjungi situs kami di sini.

(Selesai)

Grafik dalam .jpg dan .png beresolusi tinggi yang menyertai siaran pers ini dapat diunduh di sini.

Grafik dalam siaran pers ini dibuat oleh Cartoonbase.



Phang Su Hui

Communications Manager, APAC, Sennheiser Electronic Asia Pte Ltd

Septa Perdana

Occam Komunikasi Indonesia

Stephanie Schmidt

Communications Manager Professional Audio, Sennheiser electronic SE & Co. KG

Siaran_Pers_Enam_Alasan_untuk_Mengganti_Mikrofon_Wireless_Sennheiser.docx

DOCX - 3.0 Mb

Siaran_Pers_Enam_Alasan_untuk_Mengganti_Mikrofon_Wireless_Sennheiser.pdf

PDF - 667 Kb

 

 

 

 

Tentang Sennheiser

Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang audio, beraspirasi untuk menciptakan solusi audio yang berbeda dari yang lainnya. Selama lebih dari 75 tahun, Sennheiser secara konsisten membangun masa depan audio serta menghadirkan pengalaman suara yang luar biasa bagi para pelanggan. Solusi audio profesional seperti mikrofon, meeting solutions, teknologi streaming, dan monitoring systems merupakan bagian dari bisnis Sennheiser electronic SE & Co. KG, sedangkan bisnis  perangkat konsumen seperti headphone, soundbars, serta alat bantu dengar yang telah disempurnakan untuk  berkomunikasi dioperasikan oleh Sonova Holding AG di bawah lisensi Sennheiser.

www.sennheiser.com
www.sennheiser-hearing.com