Back

Menuju Masa Depan Audio

Transport_Reflow_Ofen_quer.jpg

Sennheiser Group melakukan investasi berkelanjutan pada fasilitas produksi di Jerman

Jakarta, 3 Juni 2024 – Sennheiser Group berinvestasi secara signifikan pada pabriknya sendiri. Dengan cara, perusahaan milik keluarga tersebut memperkuat kemandirian produksinya dan memastikan kelanjutan dari kesuksesannya dalam membentuk masa depan dunia audio. Kantor pusatnya di Wedemark dekat Hanover, investasi saat ini sedang dilakukan dalam teknologi produksi mutakhir, khususnya dalam perakitan circuit board cetak. Di bawah bendera ‘Moving into the Future', serangkaian langkah ekspansi dan restrukturisasi sedang dilakukan: Langkah pertama adalah merelokasi jalur produksi yang sudah ada untuk mengosongkan ruang. Kemudian, dua oven reflow baru diangkat melalui atap ruang produksi dengan derek. Hal ini memungkinkan empat sistem perakitan untuk dipasang di ruang produksi, tidak seperti dua sistem sebelumnya, sehingga dapat meningkatkan kapasitas produksi circuit board cetak.

Sennheiser semakin memperluas kapasitas produksi di kantor pusatnya di Jerman. Dalam produksi, relokasi Surface Mounted Device (SMD) Line 1 untuk menciptakan ruang dalam sistem perakitan circuit board cetak tambahan hanyalah permulaan. “Relokasi sistem lini produksi ini dan penambahan instalasi yang baru merupakan salah satu dari beberapa langkah untuk memperkuat produksi kami. Dengan investasi berkelanjutan pada kapasitas produksi di Wedemark, kami menjadikan diri kami lebih mandiri dalam hal rantai pasokan. Tahun lalu, kami telah menginvestasikan sekitar 5 juta euro di lokasi ini. Tahun ini, jumlahnya lebih dari 14 juta euro,” jelas Dr. Andreas Fischer, Chief Operating Officer (COO) dan anggota Executive Management Board. “Kami terus meningkatkan rantai pasokan dan terus memperluas kapasitas produksi kami. Hal ini tidak hanya membuat kami siap menghadapi masa depan dalam jangka panjang, namun juga memastikan kami terus menjadi mitra yang dapat diandalkan bagi para pelanggan kami,” tambah Co-CEO Daniel Sennheiser.

Lini produksi SMD 1 yang pertama telah digunakan di Wedemark sejak 2017; jalur lain dengan kapasitas produksi dua kali lipat mulai beroperasi pada tahun 2022. Bersama-sama, mereka memproduksi circuit board cetak dengan andal di jalur perakitan. Dengan bantuan delapan kepala penempatan, sistem SMD 1 menempatkan komponen pada circuit board cetak dengan kecepatan rata-rata 25.000 buah per jam. Relokasi mesin ini berarti kini terdapat ruang untuk total empat sistem penempatan SMD di lantai produksi, tidak seperti dua sistem penempatan sebelumnya. Dengan hadirnya oven reflow lini baru, perusahaan tidak hanya dapat meningkatkan kapasitas produksi circuit board cetak beberapa kali lipat, tetapi juga mengimbangi perkembangan teknologi. Pengaturan baru ini juga memungkinkan aliran material yang dioptimalkan. Logistik dari perpindahan tersebut sangat menantang dan struktur khusus harus dibangun untuk mengangkut sebagian besar alat berat tersebut. Untuk memasang oven reflow, atap ruang produksi harus dibuka dan oven ditempatkan di area produksi dari atas menggunakan crane. Fakta bahwa semuanya berjalan lancar terutama disebabkan oleh persiapan ekstensif sebelumnya, kata Fischer. "Sejak awal tahun, kami melakukan pra produksi sekitar 10.000 circuit board untuk mengkompensasi hilangnya produksi selama pemindahan. Tanpa komitmen khusus dari seluruh tim, relokasi tidak akan mungkin terjadi."

 

Menuju Masa Depan

Langkah ini merupakan bagian dari serangkaian investasi untuk memperkuat pabrik di Wedemark. Situs di Wennebostel memiliki spesialisasi dalam teknologi untuk proses otomatisasi dan presisi tinggi, serta pembuatan produk kelas atas, termasuk produksi kapsul mikrofon di clean room miliknya. Untuk mempertajam fokus ini, perusahaan telah berinvestasi dalam lini SMD baru pada tahun 2022 dan sistem manajemen alat digital serta sepuluh sistem produksi tambahan untuk komponen mikrofon pada tahun 2023. Langkah lain yang akan datang mencakup penambahan sistem penyimpanan SMD otomatis.

Sebaliknya, pabrik di Brașov, Rumania, berfokus pada produksi manual serta pengujian akhir dan pengemasan produk. Spesialis audio juga berinvestasi secara signifikan di lokasi ini sebagai bagian dari strategi pertumbuhan berkelanjutan dan melipatgandakan ruang produksi yang tersedia tahun lalu. Pada tahun 2023, total hampir 13 juta euro dihabiskan untuk perluasan lokasi produksi perusahaan. “Dengan fasilitas produksi kami yang kuat, kami berinvestasi pada kompetensi inti kami – pada produk-produk kami yang berkualitas tinggi,” kata Andreas Fischer.

 

 

Tentang Sennheiser Group

Membangun masa depan audio dan menciptakan pengalaman suara unik bagi pelanggan kami - inilah aspirasi yang menyatukan karyawan Sennheiser Group di seluruh dunia. Perusahaan independen milik keluarga Sennheiser didirikan pada tahun 1945. Saat ini, perusahaan ini dikelola pada generasi ketiga oleh Dr. Andreas Sennheiser dan Daniel Sennheiser dan merupakan salah satu produsen terkemuka di bidang teknologi audio profesional.

 

sennheiser.com | neumann.com | dear-reality.com | merging.com


 


Phang Su Hui

Communications Manager, APAC, Sennheiser Electronic Asia Pte Ltd

Septa Perdana

Occam Komunikasi Indonesia

 

Sennheiser_Move into the Future_IN.pdf

PDF - 66 Kb

Sennheiser_Move into the Future_IN.docx

DOCX - 3.6 Mb

 

 

Tentang Sennheiser

Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang audio, beraspirasi untuk menciptakan solusi audio yang berbeda dari yang lainnya. Selama lebih dari 75 tahun, Sennheiser secara konsisten membangun masa depan audio serta menghadirkan pengalaman suara yang luar biasa bagi para pelanggan. Solusi audio profesional seperti mikrofon, meeting solutions, teknologi streaming, dan monitoring systems merupakan bagian dari bisnis Sennheiser electronic SE & Co. KG, sedangkan bisnis  perangkat konsumen seperti headphone, soundbars, serta alat bantu dengar yang telah disempurnakan untuk  berkomunikasi dioperasikan oleh Sonova Holding AG di bawah lisensi Sennheiser.

www.sennheiser.com
www.sennheiser-hearing.com