Back

Perbincangan tentang Tahun Finansial 2022 dengan Dr. Andreas and Daniel Sennheiser

20210507_sennheiser_sonova_event_hires_srgb__044.jpg

Bagaimana Anda merangkum tahun finansial 2022? Apakah Anda puas dengan hasilnya?

Daniel Sennheiser: Kami sangat puas dengan hasil yang kami capai pada tahun 2022. Kami berhasil menjaga momentum positif sejak tahun 2021, berfokus pada bisnis audio profesional seperti yang telah kita rencanakan secara strategis. Di awal tahun 2022, seperti yang telah diumumkan, kami menjual produk-produk sektor Consumer Business dan sejak saat itu berfokus pada unit bisnis Pro Audio, Business Communication, dan Neumann. Konsentrasi kami pada unit bisnis ini telah terbayarkan karena kami telah lebih bertumbuh secara signifikan, sementara di waktu yang sama terdapat peningkatan profit.

Ketika Anda melihat kembali tahun 2022: Pada tahun di mana terjadi banyak perubahan, apa yang pada akhirnya menentukan kesuksesan?

Daniel Sennheiser: Beberapa aspek memainkan peranan dalam kesuksesan kami di tahun 2022: Di satu sisi, terdapat pemulihan pasar yang signifikan, di mana kita rasakan juga secara natural. Di sisi lain, kami juga memiliki kemauan yang luar biasa untuk turut bertindak sebagai bagian dari seluruh pegawai di perusahaan. Fokus terbaru dan strategi yang jelas tentu berkontribusi pada fakta bahwa seluruh karyawan mengetahui kemana kita akan pergi dan bagaimana setiap individu dapat berkontribusi untuk mencapai tujuan kita bersama.

Andreas Sennheiser: Selama prosesnya, tim kami telah bekerja dengan luar biasa. Di satu sisi, kami langsung kembali ke bisnis setelah peraturan mengenai Corona dicabut. Di sisi lain, secara pararel kami merealisasikan Carve-Out atau Divestasi bersama-sama. Di waktu yang sama, kami juga dapat menjamin kemampuan kami dalam melakukan pengiriman setiap saat dan semua ini berkat integrasi vertikal tingkat tinggi kami.

Tahun lalu, Anda mengumumkan bahwa Anda ingin tumbuh secara berkelanjutan dengan kekuatan yang Anda miliki. Apakah Anda sukses dalam melakukan rencana tersebut?

Andreas Sennheiser: Penjualan kami belum berkurang setengahnya — terlepas dari penjualan sektor Consumer Business; namun, kami telah mengalami pertumbuhan yang kuat pada segmen profesional. Oleh karena itu, kami mengharapkan perusahaan untuk dapat kembali ke ukuran awal lebih cepat dari yang kami perkirakan sebelumnya.

Daniel Sennheiser: Kami melihat adanya lonjakan pada unit Business Communication untuk konferensi dan solusi hybrid di universitas. Di saat yang sama, kami telah mencapai pertumbuhan yang luar biasa di seluruh segmen pasar untuk unit Pro Audio. Para artis menginginkan untuk kembali ke panggung. Ada permintaan terpendam yang sangat besar, baik dari musisi yang ingin tampil dan masyarakat yang ingin menghadiri konser-konser untuk akhirnya dapat menonton live music lagi. Unit Neumann menjadi sangat stabil pada tahun 2022 setelah mengalami pertumbuhan dalam dua tahun terakhir yang turut membawa bisnis mencapai keuntungan dua kali lipat. Untuk tahun 2023, kami melihat bahwa kami juga kembali mengalami pertumbuhan di sini.

Bagaimana perkembangan di masing-masing wilayah?

Daniel Sennheiser: Perkembangan penjualan yang positif tercermin di seluruh wilayah. Namun, kami dapat melihat pasar terbesar untuk produk audio, yakni Amerika adalah wilayah dengan dinamika terbesar. Di wilayah Asia-Pasifik (APAC), kami melihat adanya pemulihan yang cukup lambat, mengingat adanya pembatasan akibat pandemi COVID-19 yang berlangsung lebih lama. Karena itu, pemulihan pun tertunda di wilayah tersebut, di mana saat ini telah memiliki dampak positif selama tahun 2023. Wilayah Eropa tetap menjadi pasar yang sangat stabil, dengan pertumbuhan yang berkelanjutan terutama pada unit Business Communication.

Co-CEO Dr. Andreas Sennheiser
Co-CEO Dr. Andreas Sennheiser
»Selaras dengan strategi yang kami umumkan untuk berinvestasi lebih jauh pada kompetensi utama Sennheiser, kami membangun sumber daya yang sesuai dan dengan demikian juga jumlah karyawan — terutama pada bidang penelitian dan pengembangan, namun juga pada fasilitas produksi di Jerman dan Rumania.«
​ ​ ​ ​ – Andreas Sennheiser

Pertumbuhan tidak hanya tercermin pada penjualan, namun juga jumlah karyawan perusahaan. Bersamaan dengan penjualan sektor Consumer Business, Anda mengalokasikan 650 karyawan. Seberapa besar perusahaan saat ini dan perkembangan apa yang Anda lihat di masa depan?

Andreas Sennheiser: Selaras dengan strategi yang kami umumkan untuk berinvestasi lebih jauh pada kompetensi utama Sennheiser, kami membangun sumber daya yang sesuai dan dengan demikian juga jumlah karyawan — terutama pada bidang penelitian dan pengembangan, namun juga pada fasilitas produksi di Jerman dan Rumania. Tentu saja, kami bertindak hati-hati dan merencanakannya untuk jangka panjang. Tapi, hal ini selalu menjadi tujuan kami untuk dapat menawarkan pelanggan kami solusi secara teknologi yang memiliki kualitas tinggi, dan hal ini membutuhkan karyawan yang passionate dalam jumlah besar. ​

Daniel Sennheiser: Selama prosesnya, kami dapat menawarkan pekerjaan yang semakin berkualitas tinggi. Hal ini tidak hanya diaplikasikan pada produksi, tetapi juga area lainnya, karena penggunaan dukungan elektronik kami meningkat yang berguna untuk pekerjaan sederhana dan rutin – baik dalam akuntansi, di mana robot software digunakan untuk evaluasi, atau dalam produksi, di mana robot mekanik mengambil alih pekerjaan yang monoton. Secara khusus, bidang pengembangan, kami membutuhkan profil arsitektur sistem kompleks. Maka, pekerjaan di seluruh area di perusahaan menjadi lebih menuntut dan menarik.

Anda telah menyebutkan strategi Anda dan fokus pada bisnis profesional. Bagaimana wujud dari strategi untuk perusahaan ini, serta untuk setiap unit bisnis individu?

Daniel Sennheiser: Sebagai perusahaan, kami tetap berkomitmen pada visi dalam menyediakan dunia dengan pengalaman audio yang lebih baik. Visi ini tercermin dalam strategi yang berbeda-beda pada unit-unit bisnis dengan cara yang berbeda. Untuk Business Communication, fokusnya adalah membawa audio terbaik untuk dunia kolaborasi dan belajar. Kolaborasi strategis dengan perusahaan lain seperti Microsoft, Ciscom atau QSC sangatlah penting di sana. Khususnya di unit ini, kemampuan untuk bekerja sama dengan partner menjadi penting untuk solusi terbaik, karena teknologi kami hanya satu bagian dari keseluruhan sistem. ​

Andreas Sennheiser: Untuk lini produk Pro Audio, kami kembali pada kekuatan lama kami: Kami ingin musisi, produser konten, dan broadcaster dapat menunjukkan ekspresi artistiknya dengan produk kami. Di sini, kuncinya adalah untuk selalu menawarkan para artis teknologi terbaru dan keamanan maksimal dengan peralatan yang dapat diandalkan. ​

Untuk Neumann, strateginya adalah menetapkan tolok ukur dan menjadi referensi untuk semua bidang di mana kami bekerja. Kami bangga akan kesuksesan kami dalam melakukan ini semua dengan audio interface pertama kami, MT48. Dengan menambahkan pakar Merging Technologies di konversi AD/DA ke pengetahuan mendalam Neumann pada mikrofon dan monitoring, kami telah menciptakan produk yang benar-benar luar biasa dalam hal kualitas suara, fungsionalitas, dan kemudahan penggunaan.

Di mana Anda melihat potensi pertumbuhan terbesar pada beberapa tahun ke depan?

Daniel Sennheiser: Potensi pertumbuhan terbesar terlihat secara jelas di sektor Business Communication. Tujuan kami adalah untuk dapat hadir di seluruh ruang pertemuan di seluruh dunia dengan mikrofon dan solusi audio kami. Kami akan terus melebarkan portofolio kami di sektor ini. Pada saat yang sama, terdapat potensi yang besar dalam pendidikan tinggi: baik di bidang kolaborasi, seperti halnya ruang pembelajaran hybrid, dan di bidang assistive listening. Sebagai contoh, sistem Sennheiser Connect kami terus diperluas dan saat ini digunakan untuk engagement para audiens secara live dan juga memudahkan aksesibilitas dan inklusi dengan mobile hearing assistance.

Sennheiser Mobility adalah sektor baru pada bisnis. Dalam beberapa bulan, mereka tertarik untuk menjalankan proyek dengan Morgan Motors, namun juga dengan model CUPRA Tavascan. Bagaimana dengan rencana masa depan Sennheiser Mobility?

Andreas Sennheiser: Sennheiser hadir untuk pengalaman audio yang luar biasa dan mobil selalu menjadi tempat di mana kita menghabiskan banyak waktu serta menikmati musik yang bagus, berita, atau melakukan panggilan telepon. Terutama dengan e-car atau mobil listrik, di mana suara tidak lagi dihasilkan oleh mesin atau knalpot, tetapi diproduksi oleh speaker, kami melihat peluang untuk memposisikan Sennheiser. Di bidang e-mobilitas, ini semua tentang pengurangan bobot — solusi audio kami, beberapa di antaranya bahkan tanpa loudspeaker sama sekali, dapat menawarkan nilai tambah yang luar biasa di sini. Pertama-tama, kami sengaja berfokus pada merek yang berani — bahkan merek yang tidak biasa — merek seperti Morgan dan CUPRA, yang melihat pasar baru dan ingin menangani kelompok pelanggan secara berbeda. Kami sangat yakin bahwa kami akan terwakili dalam model lebih lanjut dengan solusi audio inovatif kami di tahun-tahun mendatang.

Co-CEOs Daniel and Dr. Andreas Sennheiser
Co-CEOs Daniel and Dr. Andreas Sennheiser
»Audio sudah ada di mana-mana, tetapi akan menjadi lebih merata di semua bidang kehidupan di masa depan. Kualitasnya akan terus meningkat, terutama melalui format imersif.«
​ ​ ​ ​ – Daniel Sennheiser

Bagaimana Anda melihat masa depan pasar Anda? Apakah ada yang baru, ada yang tidak dilanjutkan, atau ada yang tetap sama?

Daniel Sennheiser: Audio sudah ada di mana-mana, tetapi akan menjadi lebih merata di semua bidang kehidupan di masa depan. Kualitasnya akan terus meningkat, terutama melalui format imersif seperti program AMBEO kami, yang antara lain memungkinkan peserta dapat ditempatkan secara spasial dalam pertemuan virtual. Hal ini terbukti mengurangi kelelahan dan meningkatkan fokus saat rapat. Hal yang sama berlaku juga untuk pemutaran atau siaran langsung, di mana semakin banyak format imersif yang diintegrasikan. Ini lebih menyerupai pendengaran alami manusia dan dengan demikian menghasilkan emosi yang lebih kuat.Pada dasarnya, produk harus intuitif untuk digunakan, mereka harus berfungsi dengan sederhana. Teknologi yang semakin kompleks, akan terus menghilang tanpa disadari, sehingga pelanggan tidak lagi melihatnya dengan cara yang sesuai dengan kompleksitasnya.

»Kesimpulan: Di masa depan, kami melihat perubahan konstan di sisi teknologi untuk menyediakan lebih banyak fungsi kepada pelanggan dengan tetap mempertahankan kemudahan penggunaan.«
​ ​ ​ ​ – Andreas Sennheiser

Apa bidang investasi terpenting tahun lalu? Proyek apa yang sedang berjalan dan apa yang Anda rencanakan untuk masa depan?

Andreas Sennheiser: Bagi kami, jelas bahwa produksi kami sendiri merupakan nilai tambah yang strategis. Di satu sisi, ini membuat kami lebih mandiri dari segi rantai pasokan, dan di sisi lain, ini juga memungkinkan kami untuk menjamin kualitas Sennheiser dan Neumann yang terkenal. Dalam beberapa tahun terakhir, terutama pada tahun 2022, kami telah berinvestasi secara besar-besaran di bidang ini: di lokasi yang berada di Wedemark, kami telah berinvestasi dalam sistem perakitan PCB otomatis baru dan metode produksi otomatis. Di Rumania, perluasan pabrik berjalan sesuai rencana. Ketika proyek selesai, pabrik akan menjadi tiga kali lebih besar dari sekarang.

Daniel Sennheiser: Di sisi lain, kami juga banyak berinvestasi dalam pengembangan, khususnya di bidang perangkat lunak atau software. Seluruh organisasi pengembangan kami telah direstrukturisasi untuk memungkinkan untuk dapat mendorong portofolio software kami ke depan dengan lebih baik dan lebih efektif. Secara bersamaan, kami terus mendorong konversi seluruh infrastruktur TI kami dan meninjaunya berdasarkan model bisnis digital.

Apa yang terjadi di pabrik Sennheiser di Rumania saat ini terdengar mengesankan — seperti apa perkembangan sebenarnya di lokasi?

Andreas Sennheiser: Rumania adalah pabrik kami, tempat di mana lebih dari 25.000 mikrofon nirkabel diproduksi per bulan. Tim kami yang bersemangat menghasilkan kualitas Sennheiser yang telah terbukti di sana setiap hari. Sejak pembukaan pabrik pada tahun 2017, kami telah menulis kisah sukses dengan jumlah penjualan dan karyawan yang meningkat dari tahun ke tahun.

Anda juga banyak berinvestasi di lokasi yang berada di Jerman. Apa topik fokus masing-masing sekarang? Apa yang terjadi di Rumania dan apa yang terjadi di Jerman?

Daniel Sennheiser: Pabrik Jerman memiliki spesialisasi dalam proses otomatis berpresisi tinggi dan pembuatan yang kompleks. Ini termasuk perakitan yang sepenuhnya otomatis, tetapi juga produksi kapsul KE 10 yang sebagian otomatis, misalnya. Pabrik kami di Brasov, Rumania, telah memproduksi produk untuk pasar Pro Audio sejak 2018, termasuk sistem mikrofon digital nirkabel evolusi G4 dan evolusi nirkabel. Pabrik ini memiliki fokus pada pembuatan manual serta pengujian dan pengemasan produk akhir.

Apakah ada rencana lagi untuk memperkuat lokasi yang berada di Eropa?

Daniel Sennheiser: Pada tahun 2022, kami mulai membangun Shared Service Center di Poznan. Ini secara resmi dibuka pada awal Juni dan akan menyediakan banyak sekali proses backend otomatis — baik di bidang akuntansi, TI, atau SDM — untuk seluruh organisasi global. Di sini, kami sekarang memiliki tim yang terdiri dari sekitar 50 orang. Tujuannya agar semua sistem dan proses yang dapat ditawarkan secara berulang dan terpusat berasal dari service center ini. Dengan cara itu, kami memastikan efisiensi yang jauh lebih tinggi di seluruh dunia.

Topik lain tentang masa depan: World Radiocommunication Conference berlangsung tahun ini. Bisakah Anda memberi tahu kami apa sikap Sennheiser tentang hal ini dan tujuan apa yang Anda kejar?

Andreas Sennheiser: Spektrum frekuensi adalah dasar komunikasi nirkabel karena tanpa spektrum frekuensi, tidak ada koneksi radio. Dalam hal ini, penting bagi kami bahwa ada cukup waktu bagi kami untuk merencanakannya jika ada perubahan yang akan dilakukan di sini. Ini sangat penting bagi pelanggan kami, sehingga mereka tidak perlu mengganti produk yang telah mereka investasikan dalam beberapa tahun kemudian. Itu sebabnya kami mendorong adanya stabilitas yang lebih lama. Saat ini, ada upaya untuk mendapatkan aplikasi radio seluler — misalnya, komunikasi seluler publik atau radio pemerintah — berdasarkan alokasi sekunder atau fundamental untuk spektrum TV UHF. Hal ini dapat menyebabkan keterbatasan yang signifikan untuk mikrofon nirkabel dan solusi pemantauan telinga. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menentukan periode transisi yang cukup panjang pada tahap awal dan mengadakan perjanjian dengan penyedia jaringan seluler. Bersama-sama, kita harus menentukan aturan di mana akses fundamental ke spektrum frekuensi ini akan beroperasi di masa mendatang.

Salah satu topik yang tidak kalah pentingnya untuk masa depan Sennheiser Group adalah keberlanjutan. Apa arti keberlanjutan bagi Sennheiser?

Daniel Sennheiser: Sebagai perusahaan keluarga, Sennheiser berkomitmen untuk terus bertanggung jawab dalam keberlanjutan dan perlindungan lingkungan sebagai isu utama saat ini dan kami di Sennheiser menghadapi tantangan ini secara langsung. Untuk mewujudkan tujuan kami menjadi tindakan, kami telah menetapkan empat topik fokus utama, berdasarkan Sustainable Development Goals PBB, di mana kami dapat memberikan dampak yang besar sebagai sebuah perusahaan.

Di satu sisi, terdapat keanekaragaman. Keanekaragaman membuka kreativitas, budaya inovasi, dan generasi ide dari Sennheiser. Kami percaya pada keunikan seseorang dan kami yakin bahwa tim yang beragam akan mencapai hasil yang lebih baik, memiliki kekuatan inovasi yang lebih tinggi, dan membuat perusahaan lebih menguntungkan dalam jangka panjang. Kami telah membuat kemajuan yang sangat baik dalam hal ini dan secara bertahap menjadi tim yang semakin beragam. Namun, pada saat yang bersamaan, kami ingin dan perlu melangkah lebih jauh lagi untuk menciptakan lingkungan yang menarik bagi karyawan kami di masa mendatang.

Andreas Sennheiser: Selain itu, kami juga berfokus pada rantai pasokan kami. Ada Undang-Undang Rantai Pasok yang akan datang, yang sedang kami persiapkan. Secara bersamaan, kami ingin mengoptimalkan rantai pasokan global kami.

Di bidang perlindungan iklim, kami mengukur jejak karbon kami dan memperoleh target yang jelas dari ini, yang kemudian ingin kami ukur sendiri di masa depan. Misalnya, kami sedang menyusun panduan berkelanjutan terkait perjalanan bisnis. Kami telah memasang solar cell di gedung kami sendiri jika memungkinkan, misalnya di Rumania, yang akan mencakup 50% kebutuhan listrik lokal kami dengan solar cell.

Topik Ekonomi Sirkular bukan hanya tentang menghindari pemborosan: kami berinvestasi pada daya tahan produk kami dan menyelaraskan portofolio produk baru kami dengan prinsip sirkular. Kami sudah berada pada posisi yang baik dengan produk kami, beberapa di antaranya telah digunakan hingga 60 tahun dan dapat diperbaiki. Tapi kita tahu pasti masih banyak yang harus dilakukan.

Perubahan iklim itu nyata dan Anda telah menetapkan tujuan yang konkret. Apa saja tujuan konkret tersebut? Bagaimana rencana Anda untuk mencapainya agar dapat mengurangi emisi lebih lanjut?

Andreas Sennheiser: Secara khusus, kami ingin menjadi climate neutral pada tahun 2030. Saat ini, fokus utama kami adalah pada lingkup satu dan lingkup dua untuk mengurangi jejak karbon kami sebesar 25 persen pada tahun 2025 dengan langkah-langkah yang sesuai. Kemudian kami akan menentukan langkah-langkah yang akan mengarah pada netralitas. Produk Business Communication kami telah memberi pengaruh yang besar, karena melalui kolaborasi virtual dan penggunaan mikrofon konferensi kami, kami juga dapat mengurangi perjalanan udara secara signifikan, sehingga kami juga memberikan kontribusi penting untuk mengurangi jejak kami di lingkup tiga.

Co-CEO Daniel Sennheiser
Co-CEO Daniel Sennheiser
»Untuk memenuhi strategi kami dalam membentuk masa depan industri audio, kami memerlukan tim terbaik di industri ini. Itulah sebabnya kami terus berinvestasi pada tim kami.«
​ ​ ​ ​ – Daniel Sennheiser

Anda telah merancang rencana masa depan yang hebat. Peran apa yang dimainkan oleh tim Sennheiser Group dalam strategi perusahaan Anda?

Andreas Sennheiser: Seluruh tekad dari apa yang dapat kami tawarkan kepada pelanggan kami didasarkan pada pengalaman, pengetahuan, budaya, dan semangat yang dibawa oleh karyawan kepada mereka. Dalam hal ini, kami telah melestarikan budaya Sennheiser yang baik. Namun, pada saat yang sama, kami selalu mempertanyakan apa yang kami ketahui bersama sebagai tim, apa yang kami lakukan, dan apakah yang dapat kami lakukan masih mutakhir. Kami terus bertanya pada diri sendiri apakah kami perlu memperoleh keterampilan baru, dan jika demikian, yang manakah itu? Jadi, ini adalah proses berkelanjutan yang sedang kami kerjakan sebagai CEO dengan fokus yang khusus.

Daniel Sennheiser: Untuk memenuhi strategi kami dalam membentuk masa depan industri audio, kami memerlukan tim terbaik di industri ini. Itulah sebabnya kami terus berinvestasi pada tim kami.

Di saat adanya kekurangan pekerja terampil, tentunya tidak selalu mudah untuk membentuk tim terbaik. Tuntutan masyarakat yang mencari pemberi pekerjaan baru pun berubah. Bagaimana perkembangan sistem Pekerjaan Baru ini tercermin dalam pekerjaan sehari-hari Sennheiser?

Daniel Sennheiser: Pada dasarnya, terdapat dua aspek yang penting bagi kami di bidang ini. Yang pertama adalah kami sepenuhnya terbuka untuk jam kerja dan lokasi yang fleksibel. Ini memiliki banyak keuntungan: Pertama, memungkinkan kami untuk memperluas catchment area pada masyarakat yang ingin bekerja untuk Sennheiser; misalnya, kami tidak hanya menarik mereka yang ingin pindah ke lokasi pengembangan di Wedemark, Hamburg, dan Duisburg. Kami juga memiliki karyawan yang tinggal di Jerman selatan atau sebagian di San Francisco dan bekerja untuk kami. Selain itu, fleksibilitas yang kami tawarkan kepada karyawan juga memudahkan mereka menyeimbangkan keluarga dan karir. Kami mengizinkan hingga 100% kerja jarak jauh — tentu saja, itu selalu bergantung pada pekerjaan — dan saat ini sedang dalam proses pembelajaran di mana kami bertanya pada diri sendiri: seberapa banyak kehadiran fisik dalam tim diperlukan dan seberapa banyak kerja jarak jauh yang memungkinkan? Yang pasti adalah kami sekarang dapat menyatukan tim yang lebih baik, multifungsi, dan internasional.

Kedua, aspek yang sangat penting adalah kami berinvestasi pada karyawan kami — salah satunya, melalui pelatihan dan dukungan khusus, pusat penitipan anak internal, untuk lainnya, melalui acara perusahaan seperti Diversity Day atau kegiatan regional di mana kami melihat ke masa depan dan merayakan kesuksesan kami bersama. Banyak juga inisiatif yang datang dari karyawan itu sendiri.

Anda memulai tahun 2023 dengan berita dalam hal kepemimpinan: Executive Management Board baru diluncurkan. Mengapa Anda memutuskan untuk mengambil langkah ini? Apa tujuannya?

Daniel Sennheiser: Penting bagi kami untuk membentuk tim manajemen yang kuat dan beragam serta dapat menangani masalah operasional sehari-hari dalam arti luas. Dengan integrasi unit bisnis ke dalam EMB, kami lebih fokus pada pelanggan kami. Kebutuhan mereka yang sangat berbeda di masa depan akan terwakili di tingkat manajemen tertinggi dan disertakan dalam semua keputusan, memungkinkan kami untuk bertindak lebih dekat dengan pasar. Upaya kami untuk menyelaraskan inovasi dan teknologi baru bahkan lebih dekat dengan pasar yang tercermin pada fakta bahwa departemen pengembangan kini juga terwakili di EMB. Dengan menyatukan semua fungsi sentral dengan area bisnis, perspektif yang berbeda disatukan dalam tim manajemen baru yang kuat.

Andreas Sennheiser: Bagi kami, sangat penting bahwa setiap orang dapat bekerja pada posisi di mana mereka benar-benar memiliki pengaruh yang besar. Itu juga berlaku untuk Daniel dan saya. Setelah bertahun-tahun bekerja dengan operasional yang kuat, kami sekarang ingin memfokuskan energi kami di mana kami dapat memiliki pengaruh terbesar sebagai perwakilan dari keluarga wirausaha dan sebagai pembawa nama — hal itu diwujudkan melalui pelanggan. Kami ingin fokus untuk mempertahankan dan memperluas jaringan pelanggan kami. Namun, pada saat yang sama, penting untuk memajukan strategi perusahaan. Kami ingin memastikan bahwa kami mempertahankan apa yang membuat tim kami tergerak, sambil mendorong inovasi di mana kami perlu membuat terobosan baru.

Co-CEOs Daniel and Dr. Andreas Sennheiser
Co-CEOs Daniel and Dr. Andreas Sennheiser
»Kami melihat kesuksesan di semua unit bisnis dan kami memiliki rencana strategis yang baik di semua bidang. Yang penting sekarang — dengan tim terbaik di industri audio — adalah menciptakan masa depan yang kita impikan, hari demi hari dan minggu demi minggu. Inilah cara kami menciptakan solusi masa depan untuk pelanggan kami melalui motivasi dan keterampilan kami.«
​ ​ ​ ​ ​ – Andreas & Daniel Sennheiser

Apa yang ingin Anda capai bersama tim Sennheiser dalam beberapa tahun ke depan? Apa yang Anda inginkan untuk tim dan perusahaan?

Andreas Sennheiser: Kami melihat kesuksesan di semua unit bisnis dan kami memiliki rencana strategis yang baik di semua bidang. Yang penting sekarang — dengan tim terbaik di industri audio — adalah menciptakan masa depan yang kita impikan, hari demi hari dan minggu demi minggu. Inilah cara kami menciptakan solusi masa depan untuk pelanggan kami melalui motivasi dan keterampilan kami.

Anda dapat menemukan laporan tahunan 2022 di sini.

Website preview
Sennheiser Group grows sustainably and strengthens its position in the professional audio market
The family-owned company generated sales of 467.7 million euros with its professional audio solutions in 2022
en-de.sennheiser.com

Tentang Sennheiser

Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang audio, beraspirasi untuk menciptakan solusi audio yang berbeda dari yang lainnya. Selama lebih dari 75 tahun, Sennheiser secara konsisten membangun masa depan audio serta menghadirkan pengalaman suara yang luar biasa bagi para pelanggan. Solusi audio profesional seperti mikrofon, meeting solutions, teknologi streaming, dan monitoring systems merupakan bagian dari bisnis Sennheiser electronic SE & Co. KG, sedangkan bisnis  perangkat konsumen seperti headphone, soundbars, serta alat bantu dengar yang telah disempurnakan untuk  berkomunikasi dioperasikan oleh Sonova Holding AG di bawah lisensi Sennheiser.

www.sennheiser.com
www.sennheiser-hearing.com