Back

Reverb… Redesigned

Exoverb_Mood03 triangle.jpg

Dear Reality merilis EXOVERB, buka dimensi baru akan persepsi spasial dalam produksi stereo

Dear Reality meluncurkan EXOVERB, sebuah plugin reverb terbaru dengan tambahan kedalaman dan keluasan persepsi tiga dimensi yang belum pernah terdengar di dunia produksi stereo. Dilengkapi mesin reverb keluaran EXOVERB dengan multi-IR spasial yang telah melalui proses sintesis. Plugin reverb ini menawarkan hasil mixing audio yang paling natural dan menghadirkan 50 scene akustik yang nyata. Dengan menggabungkan dasar-dasar pendengaran spasial, EXOVERB dapat meningkatkan control jarak spasial yang akan menjernihkan mixing stereo dan menyisakan lebih banyak ruang untuk instrument tambahan.

EXOVERB menyediakan 50 scenes akustik yang disesuaikan dalam empat kategori, yakni Ambiences, Room, Halls, dan Plates. Keempat kategori ini juga telah disesuaikan dengan sempurna untuk produksi musik modern. Setiap preset dikembangkan berdasarkan beberapa synthesized impulse responses (IRs) yang sebelumnya dikembangkan oleh Dear Reality dengan perangkat lunak dan keahliannya di bidang audio imersif. “Teknologi audio spasial menawarkan pengalaman baru pada output suara yang dihasilkan. Namun, lebih dari itu, stereo juga dapat menghasilkan suara yang imersif dengan kedalaman yang realistis, terlebih jika dilakukan dan diolah dengan benar,” jelas Achim Fell, co-CEO Dear Reality. Achim menambahkan bahwa dengan adanya EXOVERB, pengguna dapat merasakan langsung kemampuan Dear Reality yang telah menerapkan dasar-dasar teknologi audio spasial ke dalam plugin reverb stereo pertamanya ini.

User interface EXOVERB
User interface EXOVERB

Sesuai dengan filosofi Dear Reality yang mengutamakan kemudahan dan kenyamanan pengguna, EXOVERB menampilkan User Interface (UI) yang mudah di mana reverb dapat disesuaikan dengan kebutuhan mixing setiap individu. Bantalan segitiga dalam stereo ini dihadirkan guna membantu pengguna untuk dapat memilih perpaduan sempurna antara pantulan gema, pantulan awal, dan dry signal dengan mengatur rasio pantulan awal dan gema di bagianakhir pada sumbu x dan tingkat dry signal dan wet signal pada sumbu y. Selain itu, EXOVERB menyediakan akses langsung ke parameter-parameter yang umum digunakan seperti Pre-Delay, Size, Decay, dan Width. Dengan begitu, pengguna tidak perlu membuka sub-menu seperti banyak alat reverb lainnya.

 

Percepat proses mixing: Bantalan segitiga EXOVERB mempercepat anda mencapai sweet spot
Percepat proses mixing: Bantalan segitiga EXOVERB mempercepat anda mencapai sweet spot

EXOVERB memberikan kedalaman dengan pemisahan spasial alami. Dengan menggunakan parameter kedalaman inilah, ‘ruang’ di bagian depan dan belakang dari alat mix dapat diatur lebih lanjut, sehingga meningkatkan persepsi kedalaman dalam mix stereo.

EXOVERB menawarkan lebih dari suara stereo dua dimensi. Alat ini mengandalkan bagian mesin pengelola gema dengan multi-IR yang sudah melalui proses sintesis.
EXOVERB menawarkan lebih dari suara stereo dua dimensi. Alat ini mengandalkan bagian mesin pengelola gema dengan multi-IR yang sudah melalui proses sintesis.

“Persepsi pengalaman mendengarkan memiliki keterkaitan dengan posisinya di ruang sekitar,” jelas Felix Lau, Product Owner Dear Reality. “Ketertarikan pada hubungan antara posisi suara dalam ruangan, bagaimana posisinya dirasakan, dan penciptaan kembali oleh otak pendengar inilah yang membawa saya ke audio spasial sejak awal. Dengan EXOVERB, kami sekarang melihat hubungan keruangan bisa didapatkan untuk produksi stereo.”

EXOVERB dapat menyatukan rekaman multitrack dengan reverb yang realistis dan natural
EXOVERB dapat menyatukan rekaman multitrack dengan reverb yang realistis dan natural

Selain itu, EXOVERB menyediakan tiga EQ terpisah untuk membentuk refleksi awal, peluruhan, dan sinyal penjumlahan. Setiap 3-band EQ menyertakan filter low-shelf, parametrik, dan high-shelf untuk mendapatkan suara reverb yang optimal untuk proses mixing.

EXOVERB menawarkan tiga 3-band EQ serbaguna untuk memberikan fleksibilitas tonal yang maksimum
EXOVERB menawarkan tiga 3-band EQ serbaguna untuk memberikan fleksibilitas tonal yang maksimum

Saat ini, EXOVERB tersedia di Dear Reality store. Selama masa promo (hingga 30 November 2022), plugin tersedia dengan dibandrol harga USD 69/EUR 69/GBP 59 (+ local VAT). Mulai 1 Desember 2022, alat ini bisa didapatkan seharga USD 99/EUR 99/GPB 89 (+ local VAT).

(Selesai)

Visual yang ada di pers rilis ini dan foto lainnya dapat diunduh di sini.


Phang Su Hui

Communications Manager, APAC, Sennheiser Electronic Asia Pte Ltd

Septa Perdana

Occam Komunikasi Indonesia

IND_dear-reality-exoverb.docx

DOCX - 2.7 Mb

IND_dear-reality-exoverb.pdf

PDF - 758 Kb

Tentang Sennheiser

Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang audio, beraspirasi untuk menciptakan solusi audio yang berbeda dari yang lainnya. Selama lebih dari 75 tahun, Sennheiser secara konsisten membangun masa depan audio serta menghadirkan pengalaman suara yang luar biasa bagi para pelanggan. Solusi audio profesional seperti mikrofon, meeting solutions, teknologi streaming, dan monitoring systems merupakan bagian dari bisnis Sennheiser electronic SE & Co. KG, sedangkan bisnis  perangkat konsumen seperti headphone, soundbars, serta alat bantu dengar yang telah disempurnakan untuk  berkomunikasi dioperasikan oleh Sonova Holding AG di bawah lisensi Sennheiser.

www.sennheiser.com
www.sennheiser-hearing.com